TERDAPAT 4 PERUBAHAN BESAR LIGA 1 DI ERA KETUM PSSI, ERICK THOHIR, BALI UNITED FC BERIKAN RESPONS POSITIF!

08 August 2024, 17:34 +08

Terdapat empat perubahan besar di Liga 1 pada era kepemimpinan Erick Thohir selama mengemban tugas Ketua Umum PSSI yang dimulai pada tahun 2023.

Salah satunya pelaksanaan kompetisi Liga 1 yang mulai jelas arahnya dalam meningkatkan kualitas kompetisi yang mumpuni di Indonesia.

Adapun 4 perubahan besar tersebut adalah perihal jadwal pertandingan yang pasti, perizinan pertandingan yang lebih mudah, peningkatan kualitas wasit dan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang mulai terlihat di akhir musim lalu.

Perubahan empat poin pokok tersebut direspons oleh Bali United FC sebagai salah satu kontestan BRI Liga 1 2024/2025 di musim ini.

Hal ini ditanggapi oleh Chief Executive Officer (CEO) Bali United FC, Yabes Tanuri yang merasakan dampak positif dari kepemimpinan Menteri BUMN tersebut.

Menurutnya, berkaca dari musim lalu, soal jadwal pertandingan mengalami kejelasan yang luar biasa dibandingkan dari musim sebelumnya.

“Jika melihat kompetisi Liga 1 musim lalu tidak banyak perubahan jadwal pertandingan yang terjadi dan sudah menyesuaikan dengan kalender FIFA. Musim ini bahkan jadwal Liga 1 lebih baik dari musim sebelumnya dimana tidak berdekatan dengan jadwal pertandingan FIFA,” ungkap Yabes Tanuri.

Selain itu, dengan kejelasan jadwal pertandingan, proses pengurusan perizinan menjadi lebih mudah dan tidak ada kendala.

“Dengan adanya jadwal yang lebih pasti saat ini memungkinkan kami memperoleh izin pertandingan menjadi lebih cepat dari awal dan lebih mudah,” ucap Yabes Tanuri.

Selain dua hal ini, keberadaan wasit sebagai pengadil lapangan tengah juga sangat diperhatikan.

Dengan meningkatkan kualitas mereka sebagai pemberi keadilan, jaminan kesehatan melalui asuransi diberikan dan peningkatan kesejahteraan yang sangat layak.

Bahkan ditingkatkan lagi dengan keberadaan VAR yang mulai diterapkan pada babak championship series musim lalu.

Pada musim ini, penerapan VAR akan berlaku sejak awal kompetisi dimulai musim ini dengan format reguler series seperti dua musim sebelumnya.

Keputusan ini pun dirasakan oleh para kontestan klub termasuk Bali United FC yang semakin bangga dengan sosok Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Luar Biasa Bapak Erick, Majulah PSSI!***


Related Article